Belasan Rumah di Cianjur Terancam Longsor

Cianjur, Menit.tv: Belasan rumah di Kampung Citeureup, Desa Sukasirna, Kecamatan Campakamulya, Cianjur, Jabar terancam longsor akibat hujan deras yang turun sejak dua hari terakhir.Bahkan, saat ini pergerakan tanah di wilayah itu terus meluas dan merusak dua rumah serta satu mesjid. Hal tersebut, ungkap Kepala Desa Sukasirna, Durahman, telah dilaporkan ke pihak terkait di Pemkab Cianjur.

Dia menuturkan, enam bulan yang lalu pemukiman warga di Kampung Citeureum, sudah mengalami pergerakan tanah. Namun, warga menolak direlokasi dan memilih bertahan dikarenakan tidak mempunyai lahan untuk membangun rumah baru.

“Akibatnya saat turun hujan deras Sabtu kemarin, pergerakan tanah kian parah dan merusak dua rumah serta satu masjid,” katanya.

Dia menjelaskan, selain terkendala dengan lahan, warga menolak direlokasi jika ke luar dari Kampung Citeureup. Sehingga, pihaknya tidak dapat berbuat banyak untuk merelokasi pemukiman warga yang terancam longsor itu.

“Sedangkan, di Kampung Citeureup ini, tidak ada lahan milik desa, kecuali di Kampung Gedogan. Warga tidak mau dipindahkan ke wilayah Gedogan karena alasannya jauh,” ujarnya.

Untuk sementara ini, tutur dia, pihaknya mengimbau warga yang di Kampung Citeureup, agar waspada dan jika hujan turun deras segera mengungsi karena retakan tanah diperkirakan akan terus meluas.

“Kami sudah melaporkan hal ini enam bulan yang lalu. Tapi pergerakan tanah yang makin meluas, kami belum laporkan ke BPBD Cianjur karena masih tahap pendataan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Asep Suhara, mengaku belum mendapatkan laporan pergerakan tanah di kampung itu. Pihaknya berharap pihak desa secepatnya membuat laporan untuk ditindaklanjuti pihaknya.

“Belum ada laporan, kami harapkan desa membuat laporannya, agar kami bisa langsung turun kelapangan untuk menindaklanjuti karena kami khawatir jika ini terus meluas dan terjadi longsor akan menelan korban jiwa,” katanya. – See more at: http://2013.menit.tv/read/2014/02/24/44108/0/17/Belasan-Rumah-di-Cianjur-Terancam-Longsor#sthash.cP01J5Vk.dpuf

http://2013.menit.tv/read/2014/02/24/44108/0/17/Belasan-Rumah-di-Cianjur-Terancam-Longsor

Tinggalkan komentar